Polda Metro Jaya Beri Jaminan Perayaan Natal di Jakarta Berlangsung Aman

By Admin


nusakini.com - Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya memberi jaminan bila perayaan Natal di Jakarta akan berlangsung aman. Seluruh gereja mendapat pengamanan memadai. Tiga gereja besar dengan jumlah jemaat banyak mendapat prioritas pengamanan.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono, seluruh polres di wilayah Jakarta dan sekitarnya telah memastikan keamanan seluruh gereja. 

Hingga saat ini belum ada laporan gangguan keamanan di gereja yang ada. "Semua gereja kami sentuh (amankan)," kata Argo, Sabtu (24/12/2016). 

Namun meski belum ada laporan gangguan keamanan, kepolisian tetap waspada terhadap adanya ancaman. Apalagi dalam sebulan terakhir jaringan teroris yang akan mengacau diamankan di Bekasi dan Tangerang Selatan.

Karena itu ribuan personel dikerahkan untuk menjaga keamanan beribadah umat kristiani pada malam Natal. Jumlah petugas yang dikerahkan diakui Argo lebih banyak ketimbang tahun lalu. 

Tiga gereja mendapat prioritas mengingat banyaknya jemaat yang beribadah di san. "Yang prioritas yang jemaatnya ramai seperti Gereja Katedral, Gereja Immanuel (Gambir), dan Gereja Paulus (Menteng)," kata Argo. 

Polisi melengkapi pengamanan dengan pemindai logam dan anjing pelacak di sejumlah gereja dengan jumlah jemaat banyak. Bagi gereja yang jemaatnya sedikit polisi berkoordinasi dengan pengelola gereja untuk bisa mengenali setiap jemaat yang mengikuti misa natal. Ini dilakukan untuk menghindari adanya penyusup.

Sejauh ini polisi, kata Argo, belum berencana mengalihkan arus lalu lintas di sejumlah gereja. Lalu lintas pada malam Natal diperkirakan masih terkendali. Apalagi banyak warga ibu kota yang sedang berlibur. (b/mk)